Selasa, 03 Desember 2013

PENGANTAR MANAJAMEN


Definisi Manajemen
¨ Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno
ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan
mengatur.
¨ Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui
orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer
bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk
mencapai tujuan organisasi. (Mary Parker Follet)
¨ Manajemen adalah sebuah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan
sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif
dan efesien. (Ricky W. Griffin)
Efektif dan Efisien
¨ Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai
dengan perencanaan.
¨ Efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan
secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal;
dalam berbagai bidang seperti industri, pendidikan,
kesehatan, bisnis, finansial dan sebagainya.
¨ Dengan kata lain efektif menyangkut tujuan dan
efisien menyangkut cara dan lamanya suatu proses
mencapai tujuan tersebut.
Sejarah Manajemen (Abad 19)
¨ Bidang pelajaran manajemen berkembang dari kondisi ekonomi di abae
ke19.
Pelaku ekonomi klasik seperti Adam Smith dan John Stuart Mill
memberikan teori alokasi sumber daya, produksi dan penetapan harga.
Pada saat yang hampir bersamaan, penemu seperti Eli Whitney, James
Watt, dan Matthew Boulton mengembangkan teknik produksi seperti
standardisasi, prosedur kontrol kualitas, akuntansi biaya, penukaran bahan,
dan perencanaan kerja.
¨ Pada pertengahan abad 19, Robert Owen, Henry Poor, dan M. Laughin
dan lainlain
memperkenalkan elemen manusia dengan teori pelatihan,
motivasi, struktur organisasi dan kontrol pengembangan pekerja.
¨ Pada akhir abad 19, pelaku ekonomi marginal Alfred Marshall dan Leon
Wairas dan lainnya memperkenalkan lapisan baru yang kompleks ke teori
manajemen. Pada 1990an manajer mencoba mengganti teori mereka
secara keseleruhan berdasarkan sains.

Sejarah Manajemen (Abad 20)
¨ Teori pertama tentang manajemen yang lengkap muncul sekitar tahun
1920. Orang seperti Henry Fayol dan Alexander Church menjelaskan
beberapa cabang dalam manajemen dan hubungan satu sama lain.
¨ Peter Drucker menulis salah satu buku paling awal tentang manajemen
terapan: "Konsep Korporasi" (Concept of the Corporation), diterbitkan
tahun 1946. Buku ini muncul atas ide Alfred Sloan (chairman dari General
Motors) yang menugaskan penelitian tentang organisasi.
¨ H. Dodge, Ronald Fisher, dan Thorton C Fry memperkenalkan teknik
statistika ke dalam manajemen. Pada tahun 1940 an, Patrick Blackett
mengkombinasikan teori statistika dengan teori mikro ekonomi lahirlah ilmu
riset operasi. Riset operasi, sering dikenal dengan "Sains Manajemen",
mencoba pendekatan sains untuk menyelesaikan masalah dalam
manajemen, khususnya di bidang logistik dan operasi.
Sarana Manajemen (1)
¨ Man (SDM) : Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan.
Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk
mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada
dasarnya manusia adalah makhluk kerja. Oleh karena itu, manajemen timbul
karena adanya orangorang
yang berkerja sama untuk mencapai tujuan.
¨ Money (uang) : Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan.
Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besarkecilnya
hasil
kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Uang
merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala
sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan
berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alatalat
yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai
dari suatu organisasi.
¨ Materials (bahan) : Materi terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan
bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain
manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan
bahan/materimateri
sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia
tidaki dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang
dikehendaki.
Sarana Manajemen (2)
¨ Machines (mesin) : Dalam kegiatan perusahaan, mesin sangat diperlukan. Penggunaan mesin
akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta
menciptakan efesiensi kerja.
¨ Methods (metode) : Dalam pelaksanaan kerja diperlukan metodemetode
kerja. Suatu tata
cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan. Sebuah metode daat
dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan
berbagai pertimbanganpertimbangan
kepada sasaran, fasilitasfasilitas
yang tersedia dan
penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha. Perlu diingat meskipun metode baik,
sedangkan orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak mempunyai pengalaman
maka hasilnya tidak akan memuaskan. Dengan demikian, peranan utama dalam manajemen
tetap manusianya sendiri.
¨ Market (pasar) : Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang
yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti. Artinya, proses kerja
tidak akan berlangsung. Oleh sebab itu, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil
produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka
kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan)
konsumen.

Manajemen : Pengetahuan atau Seni?
¨ Ilmu manajemen merupakan suatu kumpulan pengetahuan
yang disistemisasi, dikumpulkan dan diterima kebenarannya.
Hal ini dibuktikan dengan adanya metode ilmiah yang dapat
digunakan dalam setiap penyelesaian masalah dalam
manajemen.
¨ Beberapa ahli seperti Follet menganggap manajemen adalah
sebuah seni. Hal ini disebabkan oleh kepemimpinan
memerlukan kharisma, stabilitas emosi, kewibawaan, kejujuran,
kemampuan menjalin hubungan antaramanusia yang semuanya
itu banyak ditentukan oleh bakat seseorang dan sulit
dipelajari.

Formasi dari Kebijakan dalam Bisnis
¨ Misi dari bisnis merupakan kepentingan paling jelas (contoh
membuat sabun).
¨ Tujuan dari bisnis menunjuk pada akhir dari kegiatan dimana
tugas tertentu diambil sebagai tujuan.
¨ Kebijakan bisnis, ialah panduan yang menspesifikasikan
aturan, regulasi dan tujuan, dan mungkin digunakan dalam
pengambilan keputusan manajer.
¨ Strategi bisnis berarti perencanaan dari tidakan yang akan
diambil, mengartikan apa tindakan terbaik yang harus
mereka lakukan pada faktor produksi kepada keuntungan
bisnis.

Bagaimana Menerapkan Kebijakan dan
Strategi
¨ Semua kebijakan harus didiskusikan dengan semua personel
manajerial dan staf.
¨ Manajer harus mengerti dimana dan bagaimana mereka
menerapkannya.
¨ Rencana sebuah tindakan harus diberitahukan pada setiap
departemen.
¨ Kebijakan dan strategi harus diperiksa ulang secara berkala.
¨ Perencanaan cadangan harus dipikirkan dalam kasus
perubahan lingkungan
¨ Sebuah lingkungan yang baik sangat dibutuhkan dalam bisnis

Perkembangan dari Kebijakan dan Strategi
¨ Misi, tujuan, kekuatan dan kelemahan dari setiap departemen
harus dianalisa untuk menentukan peran mereka dalam
mencapai tujuan dari misi bisnis
¨ Metode perkiraan mengembangkan sebuah gambaran yang
dapat diandalkan dalam lingkungan bisnis di masa depan
¨ sebuah unit perencana harus dibuat untuk meyakinkan bahwa
semua rencana sudah konsisten dan kebijakan dan strategi
ditujukan pada pencapaian misi dan tujuan yang sama
¨ Rencana cadangan harus ada, untuk berjagajaga
¨ Semua kebijakan harus didiskusikan dengan semua personel
manajerial dan staf yang dibutuhkan dalam eksekusi semua
kebijakan departemen.

Dimana Kebijakan dan Strategi Cocok dalam
Proses Perencanaan
¨ Mereka memberi mid dan lower level manajer ide
bagus dari rencana masa depan dari departemen.
¨ Sebuah kerangka kerja dibuat dimana rencana dan
keputusan dibuat
¨ mid dan lower level manajemen bisa menambahkan
rencana mereka sendiri pada strategi bisnis

Elemen Dasar Manajemen
¨ Manajemen beroperasi melalui bermacam fungsi, biasanya digolongkan pada
perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan/motivasi dan pengaturan
¨ Perencanaan: memutuskan apa yang harus terjadi di masa depan (hari ini, minggu
depan, buland epan, tahun depan, setelah lima tahun, dsb.) dan membuat rencana
untuk dilaksanakan
¨ Pengorganisasian: membuat penggunaan maksimal dari sumberdaya yang
dibutuhkan untuk melaksanakan rencana dnegan baik
¨ Leading/Kepemimpinan dan motivasi: memakai kemampuan di area ini untuk
membuat yang lain mengambil peran dengan efektif dalam mencapai suatu
rencana
¨ Pengendalian: monitoring memantau
kemajuan rencana, yang mungkin
membutuhkan perubahan tergantung apa yang terjadi

Bidang Manajemen
¨ Manajemen Sumber Daya Manusia.
¨ Manajemen Operasi atau Produksi
¨ Manajemen Strategi.
¨ Manajemen Pemasaran.
¨ Manajemen Keuangan.
¨ Manajemen Informasi Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar